LOMBA ROBOT KRI 2018

MJLO4718

KRI atau Kontes Robot Indonesia adalah sebuah kontes Robotika antar Perguruan Tinggi Di Indonesia. Di mana Pemenang dari KRI akan mewakili Indonesia dalam ABU ( Asia-Pacific Broadcasting Union) Robocon yang diadakan setiap tahun dengan lokasi berpindah-pindah dalam negara anggota ABU. Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi kembali menyelenggarakan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 sebagai ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika. KRI 2018 terdiri dari 5 (lima) divisi, yaitu: 1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); 2. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI); 3. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); 4. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid; dan 5. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda. Politeknik Negeri Cilacap pada tahun ini mengikuti ajang KRI regional 3 dan bertanding di Universitas PGRI Semarang pada tanggal 16-18 April 2018, mengikuti 3 Divisi lomba yaitu KRI, KRSBI dan KRPAI, team yang berangkat adalah 17 Mahasiswa Politeknik Negeri Cilacap yang tergabung dalam UKM Robotika Politeknik Negeri Cilacap, didampingi oleh  pembimbing UKM Robotika Politeknik Negeri Cilacap, Arif Ainur Rafiq.

 MJLO4718

 Tim Robot Politeknik Negeri Cilacap (PNC)

Pengerjaan robot dilakukan setelah jam perkuliahan selesai. Dalam pengerjaannya anggota UKM dibagi menjadi tiga divisi berdasarkan divisi lomba yang hendak diikuti. Mahasiswa yang  berkontribusi dalam Kontes Robot Indonesia terlatih untuk bisa lebih disiplin waktu dan bertanggungjawab. Sesuai dengan tujuan berorganisasi di lingkungan kampus, mengasah softskill yang sedikit sekali didapat di perkuliahan.

Tim Robot PNC sedang beraksi mendemonstrasikan hasil robot yang telah dibuat

DSC_0019 DSC_0018 DSC_0017 DSC_0016

Meskipun untuk tahun ini tim Robot PNC belum dapat memperoleh kemenangan, tapi seluruh tim tetap bersemangat untuk tetap menghasilkan karya-karya selanjutnya.

Be the first to comment on "LOMBA ROBOT KRI 2018"

Leave a comment

Your email address will not be published.

*